Sabtu, 26 Maret 2011

Komunikasi Dalam Perusahaan




1.     Apa beda komunikasi satu-satu dengan komunikasi format broadcast, seperti pemberitahuan e-mail global HP?

Jawaban:

Ø Komunikasi Langsung ( komunikasi  satu – satu )
yaitu komunikasi tanpa mengguanakan alat atau perantara dalam penyampaiannya, dengan kata lain dalam komunikasi langsung atau komunikasi satu-satu ini kita bertatap muka langsung dengan lawan bicara kita. Komunikasi berbentuk kata-kata, gerakan-gerakan yang berarti khusus, serta adanya penggunaan isyarat, misalnya kita berbicara langsung kepada seseorang dihadapan kita.
A-------------------B


Ø Komunikasi Format Broadcast
yaitu komunikasi yang menggunakan media atau perantara dalam penyampaiannya, biasanya menggunakan alat dan mekanisme untuk melipat gandakan jumlah penerima pesan (sasaran) tujuannya untuk mengurangi hambatan-hambatan yang ada. Misalnya hambatan waktu, dengan menggunakan media dalam penyampaiannya, maka penyampaian pesan tersebut akan lebih efisien.
Misalnya seperti pemberitahuan e-mail global HP.






Ø Dari uraian tersebut telah jelas terlihat perbedaan antara komunikasi satu-satu dengan komunikasi format broadcast, dimana masing-masing komunikasi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan dalam penyampaiannya. Komunikasi satu-satu, dalam penyampaiannya langsung bertatap muka dengan lawan bicara kita. Komunikasi ini bersifat khusus, karena kita hanya fokus kepada orang yang kita ajak berbicara. Selain itu terdapat pula kelemahan dari komunikasi ini yaitu kurang efisien, karena mengharuskan bertatap muka dalam penyampaiannya, sehingga banyak waktu kita yang akan dihabiskan hanya untuk menyampaikan informasi saja. Namun kelebihan komunikasi ini yaitu kita bisa melihat secara langsung orang yang kita ajak bicara, sehingga kita bisa mengetahui karakter orang tersebut melalui komunikasi non verbal yang ia tunjukkan. Berbeda dengan komunikasi format Broadcast, dimana dalam penyampaian pesan atau informasi dengan cepat, tepat dan efisien. Karena informasi yang disampaiakan dapat dikirim secara bersama-sama, dan dalam penyampaiannya tersebut hanya memerlukan sedikit waktu. Selain itu penyampaian pesan atau informasinya juga tepat pada sasaran yang dituju.Namun kelemahan dari komunikasi ini yaitu kita tidak bisa mengetahui karakter lawan bicara kita, karena kita hanya berkomunikasi melalui suatu perantara.






2.     Bagaimana media komunikasi mendukung produktivitas dan kepuasan kerja dalam seting bisnis?

Jawaban:

Ø Media komunikasi memiliki peranan penting dalam mendukung seseorang dalam meningkatkan produktifitas dan kinerja seseorang. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini, terdapat banyak sekali media penunjang komunikasi itu sendiri. Di dalam dunia bisnis, komunikasi sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi. Dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik antara atasan dengan bawahan, atau sebaliknya maka akan terbentuk suatu motivasi dalam perusahaan tersebut untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapainya. Media yang digunakanpun sangat beragam dalam penyampaiannya. Baik penyampaian secara lisan (misalnya saja menggunakan media telepon, webcam, HT, ataupun melalui video), maupun penyampaian secara tertulis (misalnya dengan mengirim e-mail, message atau pesan melalui handphone).

Ø Kenyataannya dapat kita lihat pada kasus yg diuraikan sebelumnya yaitu komunikasi yang terjadi di perusahaan Hewlett-Packard (HP), yang menggunakan media komunikasi untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja dalam perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut menggunakan media telekomunikasi baik itu berupa telepon, maupun internet untuk memudahkan para karyawannya untuk bertanya kepada perusahaan tentang apa saja. Begitu pula dengan perusahaan tersebut, dengan adanya informasi yang diterima melalui media komunikasi tersebut, akhirnya mereka mengetahui apa yang harus dilakukan oleh atasannya. Baik itu mengadakan rapat rutin dengan para karyawan, mengadakan survei atau kunjungan ke perusahaan ataupun dengan memberitahukan karyawan tentang keadaan perusahaan saat ini. Jadi dengan adanya komunikasi seperti itu, maka akan timbul motivasi untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, kita bisa mengatakan bahwa media komunikasi sangat mendukung produktivitas dan kepuasan kerja dalam seting bisnis.


3.     Seberapa pentingkah kerahasiaan untuk memastikan tanggapan yang bermutu dari karyawan?
Jawaban:

Ø Rahasia adalah sesuatu hal yang tidak boleh diketahui oleh khalayak banyak, sifatnya sangat penting sehingga perlu untuk dijaga keamanannya (keamanan dari informasi atau pesan yang dirahasiakan). Dari definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa rahasia itu sangat penting untuk dijaga keamanannya. Di dalam suatu perusahaan terdapat banyak sekali rahasia, baik itu rahasia perusahaan yang hanya diketahui oleh atasan saja, maupun rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut.

Ø Kerahasiaan itu sangat penting, apalagi rahasia tersebut menyangkut tanggapan yang bermutu dari karyawan. Tanggapan tersebut mungkin saja adalah suatu kelemahan dari perusahaan tersebut, dan kelemahan itu mungkin saja sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh perusahaan lainnya. Jadi apapun bentuk tanggapan yang sifatnya rahasia dari karyawan, harus di rahasiakan. Karena suatu tanggapan mengenai perusahaan, apapun bentuknya adalah penting, sehingga perlu dijaga keamanannya.


4.     Apa peran komunikasi terbuka dalam menarik pekerja yang berbakat dan beragam?
Jawaban:
Ø Peran komunikasi terbuka yaitu untuk memberikan informasi mengenai kegiatan perusahaan. Dengan adanya informasi mengenai usaha apa yang dijalankan oleh suatu perusahaan, maka pekerja yang berbakat dan beragam akan tertarik dengan perusahaan tersebut. Sehingga mereka akan mencari informasi lebih lanjut mengenai perusahaan tersebut. Dengan adanya pencarian informasi tentang perusahaan tersebut, maka pekerja yang berbakat serta memiliki kualifikasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut akan mengajukan diri (melamar sebagai karyawan) ke perusahaan tersebut. Makin terbuka suatu perusahaan akan informasi yang diperlukan oleh pekerja, maka akan semakin banyak pekerja yang berbakat dan beragam yang melamar ke perusahaan tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi terbuka adalah untuk menyampaikan informasi kepada pekerja mengenai perusahaan tersebut, yang tujuannya tidak lain adalah untuk menarik pekerja yang berbakat dan beragam, serta memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut pada nantinya.


5.     Dibandingkan dengan isu-isu seperti kompensasi, jam kerja yang fleksibel, dan kesempatan maju, seberapa pentingkah komunikasi tim terhadap kepuasan kerja Anda?
Jawaban:

Ø Peranan komunikasi dalam suatu tim adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan di dalam tim itu sendiri. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kerjasama tim tersebut akan lebih baik, dan motivasi untuk mewujudkan tujuan pun akan lebih meningkat. Dibandingkan dengan kompensasi atau upah, jam kerja yang fleksibel, dan kesempatan untuk maju, komunikasi dalam tim-lah yang paling berperan penting. Tanpa adanya komunikasi antar anggota tim, maka suasana kerja akan monoton dan sangat membosankan. Dengan timbulnya rasa bosan pada pribadi masing-masing dalam tim tersebut, maka motivasi untuk mewujudkan tujuanpun akan berkurang, sehingga keinginan untuk maju pun sudah tidak berarti lagi. Jadi apalah gunanya kompensasi yang banyak, apabila suasana kerja sudah tidak mengenakkan. Dan tujuan untuk meningkatkan karir di bidang tersebut pun akan hilang begitu saja, malah akan timbul keinginan untuk keluar dari tim tersebut.

Ø Jadi dapat kami simpulkan bahwa kerjasama dalam suatu tim sangatlah penting. Dengan adanya komunikasi antar anggota tim, maka akan timbul rasa kebersamaan dalam tim tersebut. Sehingga motivasi untuk mewujudkan tujuan akan lebih meningkat, dan apa yang diinginkan oleh anggota tim tersebut akan terpenuhi pula.

0 komentar:

Posting Komentar